Belajarlah Menulis, Maka Kamu Akan Abadi !

“Belajarlah menulis, maka kamu akan abadi !” begitu pesan dari Alm. Budiman S. Hartoyo, mantan wartawan senior Majalah Berita Mingguan TEMPO kepada saya 15 tahun yang lalu. Saat itu saya masih kuliah dan magang sebagai reporter lepas di Media Indonesia Minggu, tempat para wartawan Ex-Tempo berkarya setelah Tempo dibredel Soeharto.

Image

Meski saya masih sangat junior dan masih bodoh, mas Bud begitu dia biasa dipanggil, selalu sabar mengajari bagaimana merangkai kata-kata menjadi kalimat-kalimat yang enak dibaca dan perlu. BSH, singkatan namanya, pria kelahiran Solo, Jawa Tengah 5 Desember 1938 ini, dikenal sebagai pendiri PWI Reformasi dan yang sampai akhir khayatnya, Kamis 11 Maret 2010, tetap konsisten sebagai jurnalis.

Kepergiannya terasa begitu cepat, hingga sahabat, kerabat, dan murid didiknya termasuk saya merasa belum cukup untuk mendapatkan semua ilmu penulisan jurnalisme sastrawi darinya. Mas Bud sendiri tak suka istilah itu, dia lebih suka menyebutnya sebagai jurnalisme literarair.

Tapi jangan sedih, karena sepertinya BSH tahu banyak dari kita yang masih kesulitan menulis berita atau feature. Dia mengumpulkan buah pikirannya mengenai dunia penulisan populer di blog pribadinya http://www.budimanshartoyo.blogspot.com/

Disitu BSH bercerita mengenai Basic Journalism serta tips dan trik membuat news feature yang disadurnya dari Buku Putih Tempo terbitan ISAI : Seandainya Saya Wartawan Tempo–ditulis Slamet Jabarudi, editor bahasa Majalah Tempo. Enaknya, BSH juga menyajikan contoh-contoh praktis, sehingga memudahkan kita untuk mempraktekkan penulisan berita dan feature.

BSH benar, raganya mungkin sudah didalam tanah, tapi karyanya menjadi ilmu yang bermanfaat dan tetap abadi sepanjang masa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: