Menatap Maut dalam Pesawat Nahas

Suatu saat ketika boarding pesawat, kawan saya bilang, ketika kita naik pesawat maka kita titipkan nyawa kita ke pilot sampai kita mendarat dengan selamat. Kecelakaan pesawat Air Asia QZ8501 di Pangkalan Bun kembali mengingatkan saya atas seloroh kawan itu.

Bergidik rasanya melihat data statistik FAA (Federasi Keselamatan Penerbangan Internasional) mengatakan 66,7 persen kecelakaan pesawat adalah faktor kelalaian manusia. Tak melulu salah pilot memang, bisa jadi itu crew teknis yang mengecek kesiapan pesawat, petugas ATC, atau bahkan penumpang yang seringkali bandel kalau ditegur untuk mematikan ponsel didalam pesawat.

Tapi apa yang terjadi dalam pesawat nahas itu mungkin bisa terilustrasi dari cerita Abdul Rozaq (58), pilot Garuda Indonesia yang berhasil mendaratkan pesawatnya di anak Sungai Bengawan Solo, Klaten, Jawa Tengah, 17 Januari 2002, setelah kedua mesin pesawatnya mati saat menembus awan Cumulonimbus (CB). Pilot handal ini berhasil menjaga nyawa-nyawa yang dititipkan padanya selamat.

Sembari berkaca-kaca dan terkadang menangis mengenang tragedi itu, Sang Captain dan Crewnya bertutur kembali mengenai apa yang terjadi di dalam pesawat. Kemampuan sang Captain mengendalikan pesawat secara manual dalam kondisi mesin mati dan ketenangan dalam menghadapi situasi mencekam menatap maut adalah salah satu kunci keberhasilan pendaratan darurat ini, selain memang takdir Allah SWT.

Berikut ilustrasi peristiwa yang pernah ditampilkan Trans TV “Dibalik Nama” :

https://www.youtube.com/watch?v=BpG4HPLRuOc

https://www.youtube.com/watch?v=UKJ-bAG88jw

Saya juga menemukan cerita sang pilot handal ini di sebuah blog :

https://lampionketjil.wordpress.com/abdul-rozaqberteriak-d…/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: