Mau Kaya? Miliki 50 Prinsip Ini ! (#1)

Ternyata orang-orang kaya dunia bukan terlahir kaya. Mereka merintis kekayaan sedari belia, jatuh bangun penuh perjuangan.

Lihat saja Aristotle Onassis sudah berdagang sejak remaja, Roman Abramovich pernah berjualan bebek karet saat muda, Soichiro Honda berawal dari bengkel sepeda kecil, Warren Buffet pernah menjadi loper koran, Walt Disney muda harus menumpang mandi seminggu sekali di stasiun. Contoh di Indonesia juga banyak kok, Chairul Tanjung si anak singkong, Jokowi anak tukang kayu,dll.

Tak ada satupun dari miliarder itu yang terlahir kaya. Masing-masing punya cerita sendiri, tapi ada kesamaan diantara mereka : Prinsip.

Apa aja sih prinsip-prinsip yang mereka pegang teguh? Mau tau aja, apa mau tau banget? Berikut saya share beberapa prinsip penting orang kaya dari buku yang sedang saya baca, “Prinsip-prinsip Kekayaan ala Miliarder Dunia”. 10 Prinsip pertama ini berbicara  mengenai Kekuatan Karakter.

PRINSIP #1 PUNYA VISI

Orang kaya dunia punya visi jelas akan masa depan : menjadi orang kaya, yakin akan tercapai dan berusaha mewujudkannya sekuat tenaga. “Jangan bermimpi sederhana, karena kita hanya akan berusaha seadanya saja. “Milikilah visi untuk bebas finansial,” kata Robert Kiyosaki.

PRINSIP #2 MINDSET ORANG KAYA

Mindset adalah pola pikir seseorang bagaimana dia memandang segala sesuatu. Warren Buffet bilang orang kaya dan miskin bisa dibedakan dari mindsetnya. Mindset orang miskin selalu memikirkan kekurangan. Orang kaya selalu berpikir kelimpahan dan kemakmuran.

Mindset orang kaya meyakini siapapun bisa jadi orang kaya, meski sesulit apapun kondisi mereka saat itu. Tapi mereka juga tahu, untuk menjadi orang kaya enggak ada jalan instan, butuh waktu dan usaha yang sangat keras. “Segala keberhasilan, segala kekayaan, berawal dari sebuah pemikiran,” tegas Napoleon Hill.

PRINSIP #3 MENCINTAI APA YANG DIKERJAKAN

Steve Jobs bilang, cintai pekerjaan yang anda kerjakan. Jika belum ketemu, teruslah mencari, jangan berhenti. Anda pasti akan menemukannya.

Orang-orang kaya ini tidak mencintai uang, tapi mencintai apa yang mereka kerjakan. Kalau hanya cinta uang, mereka akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya. “Saya tidak melakukan bisnis untuk uang. Saya berbisnis karena saya memang ingin berbisnis,” kata Donald Trump.

Prinsip #4 TAHU APA YANG HARUS DILAKUKAN

Yang penting bukan berbakat, tapi menguasainya. Karena jika kita menguasai sesuatu, kita tahu apa yang harus dilakukan. Dengan begitu peluang sukses akan semakin besar. “Jalan sejati menuju kesuksesan tertinggi di bidang itu adalah membuat diri anda menguasai bidang itu,” kata Andrew Carnegie.

Prinsip #5 JANGAN BERSIKAP MENJENGKELKAN

Mayoritas orang kaya berkepribadian baik. Jarang yang menjengkelkan kan? Mereka bisa dipercaya dan menepati janji. Mereka juga orang yang suka berterus terang. Yang menjengkelkan seringkali orang yang sok kaya. Yang kaya beneran malah baik, rendah hati, datang tepat waktu, menepati janji. Kalau orang kaya saja bersikap menyenangkan, masa kita yang masih biasa ini punya hak untuk bersikap menjengkelkan.

Prinsip #6 HADAPI HAL BURUK DENGAN TENANG

Kesuksesan tidak selalu dipenuhi kisah menyenangkan. Donald Trump pernah pailit, hutangnya hingga USD 935 juta. Dia tata kembali bisnisnya dan 10 tahun kemudian kekayaannya kembali terkumpul USD 3.7 miliar.

Steve Jobs pernah dipecat dari Apple perusahaan yang didirikannya sendiri. Dia gak pundung kayak kita. Malah mendirikan NeXT dan Pixar. NeXT kemudian dibeli Apple dan Pixar dibeli Disney. Jobs akhirnya bisa kembali ke Apple dengan kekayaannya yang juga berlipat ganda.

Orang kaya memiliki emosi yang matang menghadapi peristiwa buruk. Just shit happen. Ini bukan kiamat. Gak ada kata menyerah, terima kenyataan dan hadapi dengan tenang. Kiyosaki bilang, ukuran kesuksesan ditentukan oleh kekuatan hasrat kita, seberapa besar mimpi kita dan bagaimana kita mengatasi kekecewaan yang terjadi.

Prinsip #7 JANGAN BEKERJA DEMI UANG

Semua orang suka uang. Orang kaya juga suka uang, tapi bagi mereka uang bukan segalanya. “Jangan pernah bekerja untuk uang, Biarkanlah uang bekerja untuk kita,” kata Robert Kiyosaki.Kenapa begitu, bukannya tujuan bekerja untuk dapat penghasilan,Bos? Benar, tapi sebenarnya uang gaji adalah bonus. Semua orang dibayar atas apa yang telah dia kerjakan.

Fokus orang kaya bukanlah uang tapi apa yang ingin mereka kerjakan dengan cinta. Mereka bahagia melakukan apa yang dicintai. Nanti kesuksesan dan kekayaan menyusul mengikuti.

Prinsip #8  BERPIKIR BESAR

Segala keberhasilan berasal dari sebuah pemikian, kata Napoleon Hill. Tapi banyak orang yang berpikir besar,kemudian berhenti pada mimpinya tanpa pernah melakukan apa-apa. Jadi bukan hanya memikirkan hal besarnya tapi juga berani mewujudkan. Duduk berandai-andai punya banyak uang, bermimpi menjadi orang kaya tanpa berusaha mewujudkan adalah mimpi di siang bolong.

Bill Gates punya mimpi besar ada PC di setiap rumah, padahal saat itu komputer saja bentuknya masih sebesar lemari es dan mahalnya selangit. Konsep Starbuck dari Howard Schultz dianggap aneh dan diyakini orang tidak akan berhasil. Nyatanya, sekarang mimpi mereka jadi kenyataan dan mereka berhasil mengubah dunia.

Prinsip #9 KONSISTEN

Kegigihan adalah kunci kesuksesan. Faktanya, gak ada satupun kisah sukses tanpa kegigihan. Orang biasa akan berhenti saat mendapat masalah, orang kaya akan menghadapi dan menyelesaikannya. Thomas Alfa Edison berhasil menemukan lampu pijar di percobaan yang keseribu. Bayangkan jika, dia menyerah di percobaan ke 999.

Yang menghalangi kesuksesan memang ada pada kata BERHENTI. Konsisten pada bidangnya, fokus dan saat ada hambatan, jangan berhenti atau tergoda pada jalan lain. Sebut semua orang kaya dunia, mereka konsisten pada bidang yang mereka jalani dan konsisten pada tujuannya. Karena jika tidak, jika mereka berhenti, pasti mereka akan jadi orang biasa sekarang.

Prinsip #10 MENGELOLA RESIKO

Banyak orang gagal jadi kaya karena kurang berani ambil resiko. Tapi jangan jadi penjudi, jangan main sikat, hajar bleh apapun resikonya. Itu bunuh diri bro!. Orang kaya berani mengambil resiko tapi terukur, menghitung semuanya secara cermat di atas kertas sebelum bertindak. Mereka juga biasanya memilih bisnis atau investasi yang mereka tahu. “Risiko muncul karena anda tidak tahu apa yang anda kerjakan,” kata Warren Buffet. Orang kaya berpikir logis, tidak emosional, itu seringkali menyelamatkan mereka dari kerugian.

(Bersambung masih ada 40 prinsip lainnya bro, sabar ya..mau jadi orang kaya kan?)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: