Mau Kaya? Miliki 50 Prinsip Ini ! (#2)

Subuh ini saya terbangun, membaca pesan dari seorang teman mengingatkan saya untuk melanjutkan tulisan ini. Setelah shalat subuh, mulai ketak ketik lagi deh lanjutan “Mau Kaya? Miliki 50 Prinsip Ini !” (#2). Jika sebelumnya 10 prinsip pertama Orang Kaya Dunia berbicara  mengenai KEKUATAN KARAKTER, 10 prinsip kedua ini akan membahas soal FOKUS.

Prinsip fokus adalah tidak rakus, mengerjakan apa yang harus dikerjakan di satu bidang dan konsentrasi maksimal. Alexander Graham Bell membuat ilustrasinya, matahari tidak akan membakar jika tidak difokuskan. Sepanas apapun matahari di tengah hari, jika tidak difokuskan dengan kaca pembesar tidak akan melubangi atau membakar sebuah bidang.

Begitu juga dalam bisnis. Pada dasarnya semua orang kaya fokus pada satu bidang terlebih dulu. Apa saja yang perlu difokuskan. Simak lagi prinsip mereka, Orang Kaya Dunia  :

PRINSIP 11 : FOKUS PADA APA YANG DIKUASAI

Fokus kata Kiyosaki adalah Follow One Course Until Succesfull, artinya mengikuti satu jalan sampai berhasil. Inilah rahasia besar  dan syarat utama menjadi kaya raya. “Konsentrasikan energi, pemikiran dan modal anda hanya pada bisnis yang anda geluti. Bulatkan tekad untuk berusaha keras di bidang itu, untuk menjadi yang terdepan, terima setiap perbaikan, gunakan perlengkapan terbaik, dan kuasai dengan sebaik baiknya,” kata Andrew Carnegie.

PRINSIP 12 : JANGAN FOKUS PADA KEGAGALAN

Kebanyakan orang tidak benar benar memulai, karena fokus pada kegagalan. Takut gagal karena banyak berandai-andai kejadian buruk yang belum tentu terjadi. Takut itu wajar dan manusiawi, tapi tidak menghentikan orang kaya untuk memulai langkahnya. Mulailah langkah pertama, karena ketakutan itu sebenarnya takhayul. Menghindari risiko tidak lebih aman dari menghadapinya kok. Kata Hellen Keller, penulis buta, bisu, dan tuli, “Hidup itu cuma ada dua pilihan, menjadi petualang yang menegangkan atau tidak menjadi siapa-siapa.”

PRINSIP 13 : TIDAK ADA YANG MUDAH

Kenyataan yang pahit dari orang-orang kaya : Tidak ada jalan mudah menjadi kaya ! Baca deh biografi orang-orang kaya itu, apa hidupnya dulu mudah? Mereka tahu bahwa setelah memulai langkah pertama, yang akan dihadapi kemudian adalah kesulitan demi kesulitan. Mereka tidak berhenti dan terus melangkah. Kenapa? Karena sudah tahu itu akan terjadi, bahwa akan ada hambatan, akan ada halangan, tapi mereka selalu berharap yang terbaik. Ini adalah hal biasa dan mereka harus cari cara untuk melewatinya.

PRINSIP 14 : JANGAN MENYERAH

Semua orang kaya dan berhasil itu pernah ditolak tapi tak ada satupun yang pernah menyerah. Kolonel Sanders ditolak ribuan kali, tapi dia masih yakin pasti ada yang mau menerima resep ayam gorengnya. The Beatles atau banyak artis papan atas yang awalnya ditolak studio rekaman. Mereka yakin bahwa tujuannya ada di depan dan bisa mereka capai, jadi kenapa harus menyerah?

PRINSIP 15 : BUKAN PRODUKNYA

Bukan produk yang menjadi fokusnya, meskipun memang produk yang kita tawarkan. Karena faktanya, produk banyak penirunya tidak peduli sebagus dan sesempurna apapun. Seringkali sang peniru yang menang, bukan karena produknya lebih bagus, tapi karena lebih pintar memasarkan. Kemampuan orang kaya memang tidak hanya brilian membangun ide, dan membuat produk, tapi juga pintar menjual. Karena sebagus apapun produk, kalau tidak tahu cara menjualnya, tetap tidak akan laku.

PRINSIP 16 : ANDA, BISNIS, dan ORANG ANDA

Ada tiga hal yang harus dikendalikan untuk menjadi kaya : orang anda atau karyawan, mesin bisnis, dan diri kita sendiri. Karyawan paling mudah dikendalikan karena mereka digaji. Mesin bisnis dikendalikan dengan strategi, pembukuan, sistem. Paling sulit adalah mengendalikan diri sendiri, dari kerakusan, keserakahan, kesembronoan.

PRINSIP 17 : TETAP PADA RENCANA

Tujuan ditetapkan, rencana dibuat dan siap melangkah. Di perjalanan, banyak hambatan dan rintangan, orang kaya tetap akan menyelesaikannya apapun yang terjadi. Jika sudah direncanakan dengan matang, tetap pada rencana. Mengubah rencana mungkin saja dilakukan asal pertimbangannya matang, dan tetap tidak merubah tujuan.

PRINSIP 18 : SUKSES 6 LANGKAH

Ini 6 langkah rahasia sukses Bill Gates yang dirilisnya :

1. Konsenstrasikan usaha anda pada pasar yang berpotensi besar dengan pesaing sedikit

2. Masuk ke pasar tersebut pertama kali dan terbesar

3. Bangun posisi penguasaan pasar

4. Lindungi posisi tersebut dengan segala cara

5. Bidik keuntungan yang besar

6. Berikan tawaran yang tidak dapat ditolak pelanggan

PRINSIP 19 : HADAPI

Selalu banyak alasan untuk berhenti. Orang kaya jika ketemu tembok di perjalanannya, mungkin marah dan emosi, tapi dia akan cari jalan untuk memanjat atau menghancurkan tembok itu. Rintangan akan membuat mereka semakin kuat. Gak banyak orang yang punya mental juara. Makanya gak banyak orang yang berhasil kaya. Mereka yang akan kaya adalah yang punya mimpi besar, berani dan yakin melangkah, gigih berusaha, dan punya mental juara.

PRINSIP 20 : HANYA YANG TERBAIK

Fokusnya adalah memberikan hanya yang terbaik dari diri sendiri. Sayang sebagian besar orang tidak bersedia, bersembunyi di balik prinsip populer, “Jadilah Diri Sendiri”. Padahal jadi diri sendiri tidak cukup untuk menjadi orang kaya. Yang diperlukan adalah menjadi yang terbaik dari diri sendiri. Ketika kita mengerahkan semua potensi terbaik kita, akan muncul ide terbaik, strategi terbaik, produk terbaik. Kalau semua sudah terbaik, siapa lagi yang bisa mengalahkan kita?

Demikian mengenai FOKUS. Nantikan artikel 10 prinsip berikutnya mengenai MEREK. Selamat ber-FOKUS!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: