Jangan Takut Main Saham

Bermain saham di pasar modal selama ini buat kebanyakan orang termasuk saya sangat menakutkan, volatilitas yang tinggi, goreng menggoreng saham, cerita tentang investor yang jatuh bangkrut karena sahamnya anjlok, dan banyak lagi cerita seram lainnya. Nyatanya, data Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan memang baru 1% penduduk Indonesia yang melek pasar modal.

Mengikuti workshop Moneybrunch5 yang dihelat Janus Financial di Bursa Efek Indonesia, Jakarta (3/10) memberikan saya pencerahan bahwa bermain saham di pasar modal itu gak ribet dan pasti untung dalam jangka panjang. Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia Nicky Hogan di sela acara, makin membuka mata saya bahwa investasi di pasar modal itu gak ribet, murah, dan sangat aman. Gak perlu setiap hari melototin indeks pergerakan bursa, gak perlu ikut-ikutan short trading dan kejebak goreng menggoreng saham, masuklah sebagai investor jangka panjang bukan sebagai trader.

Gak perlu takut, gak hanya jutawan dan milyarder yang bisa investasi di instrumen keuangan ini. Adapun minimal dana untuk investasi di saham, menyiapkan uang sebesar Rp 10 juta saham Rp 50 juta. Namun, jika ingin masuk ke reksadana hanya perlu uang Rp 100 ribu sudah bisa investasi saham.

Caranya, tinggal datang ke perusahaan sekuritas, dan daftar untuk menjadi investor. Sama mudahnya kok seperti kita ke bank untuk menjadi nasabah bank, cuma tinggal isi form. List perusahaan sekuritas bisa dilihat disini http://www.idx.co.id. Telpon saja dulu ke salah satu perusahaan efek tersebut dan bikin perjanjian untuk datang ke kantornya. Lebih gak ribet lagi, buka rekeningnya lewat online, tinggal download apps POEMS ID di smartphone, atau lewat online broker seperti http://www.bareksa.com.

Setelah jadi investor, trus pilih saham yang mana? Jangan pilih yang murah, tapi pilih yang bagus. Beli saham yang berada di kategori LQ45 atau saham blue chip (unggulan). Gampangnya, liat saja saham-saham perusahaan yang sudah listing di Bursa Efek Indonesia (Bisa dilihat juga list emitennya di website IDX) cari yang produknya biasa kita konsumsi.  Tahan saham itu sampe 5 tahun kedepan dan silahkan nanti kaget liat kenaikan harganya.”Pilih saham yang bagus dan investasi jangka panjang. Jangan takut rugi, kalau takut rugi kita pasti selalu dibayangi kerugian terus,” ucap Nicky.

1650

Saya sudah kenal pasar modal dari tahun 2000 saat menjadi wartawan pasar modal dan sekarang menyesal kenapa gak dari dulu masuk ke investasi pasar modal. Kalau waktu itu sudah beli saham, dan tahan sahamnya tidak dijual belikan sampai ssekarang pasti harganya sudah berkali-kali lipat.

Biar gak nyesel kayak saya, yuk bro ini saatnya masuk pasar modal mumpung Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) lagi terkoreksi dalam. Lagi murah nih. Kata Warren Buffet, investor pasar modal dan orang terkaya di dunia, belilah saham yang bagus setiap hari, sebanyak mungkin. Tahan dan liat beberapa tahun kedepan, anda akan menjadi bagian dari orang kaya dunia.Yuk!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: