Laporan dari Sydney : Mengibarkan Indonesia di Peta Konsultan PR Sedunia

“Ladies and Gentlement, We are local agency from Indonesia, and we are proud of being independence PR agency,” sahut saya berapi-api di podium acara 47th Public Relations Organization Internasional (PROI) Worldwide Global Summit, Sydney Australia (28/03). Tepuk tangan meriah dari 140 orang PR Expert dari 50 negara peserta Summit membuat saya sedikit lebih tenang. Sebagai anggota baru PROI dan satu-satunya perwakilan dari Indonesia, saya memang diharuskan memberikan pidato mengenai Agensi PR yang saya pimpin yaitu Imogen PR, serta berbagi pandangan tentang lanskap industri PR di Indonesia, peta pasar Indonesia serta proyek-proyek klien yang kami tangani serta peluang bekerjasama dengan para Agensi PR dari negara lain.

47th PROI Worldwide Global Summit ini digelar 28 Maret – 1 April 2017 di Hotel Shangri-La The Rock, Sydney, Australia dan dihadiri para pimpinan Agensi PR independen sedunia dari tiga regional, yaitu Asia Pasific (APAC), Amerika Utara, Canada dan Amerika Latin (AMERICAS) dan Eropa, Middle East dan Afrika (EMEA). Semua yang datang adalah Managing Director dan CEO dari Agensi PR lokal dan independen terpilih dari setiap negara yang merupakan Partner PROI. Indonesia diwakilkan oleh IMOGEN PR yang baru bergabung akhir tahun lalu saat regional conference PROI di New Zealand.

Mengusung tema The New World We Live in, pertemuan ini mendorong agar para konsultan PR dari seluruh dunia bisa terus survive di era baru yang penuh disrupsi. Selama mengikuti acara, para partner PROI dari seluruh dunia ini saling berbagi ilmu, studi kasus dan perkembangan terbaru di industri PR secara global. “Kita saat ini hidup di dunia baru “The New World We Live In”, karena itu tahun ini kita bertukar saran dan pandangan bagaimana agar bisa bertahan dan sukses menghadapinya. Saya yakin bahwa banyak ilmu dan insight yang berharga yang kita bisa saling tukarkan,” kata Richard Tsang, Global Chairman PROI Worldwide saat membuka Summit.

Hal paling menarik bagi saya dalam perbincangan di Summit itu adalah tentang Global PR Trends dimana semua praktisi PR di belahan dunia manapun ternyata menghadapi tantangan yang sama, yaitu era baru digital yang disruptif dengan generasi millennial yang Digital Native dan memiliki karakteristik yang unik. Mau di Eropa, Amerika, Inggris, Rusia, Mesir, Jepang, Korea, China, Indonesia, semua sama.

Kami pun bertukar cerita, bagaimana mencari talenta PR terbaik dan mempertahankannya, bagaimana menciptakan lingkungan kerja yang mendukung kinerja para millennial agar lebih produktif hingga bagaimana kita bisa saling bertukar pengalaman dengan program pertukaran karyawan.

Digital Transformation dalam industri PR juga menjadi topik yang seru, meski di beberapa negara transformasi ini tidak ada kaitannya dengan meredupnya industri media massa, melainkan karena era dunia baru yang memunculkan pola baru dalam mengonsumsi informasi. Di negara-negara yang sudah lebih maju, Digital Transformation berlangsung lebih cepat karena didukung oleh regulasi pemerintah dan infrastruktur teknologi yang lebih suportif.

Digital Transformation juga membuat Issues Management dan PR Crisis perlu membuat standar global baru yang lebih responsif, karena informasi negatif bergerak menjadi sangat cepat dan hoax bisa muncul kapan saja untuk memperkeruh keadaaan. Topik ini dibahas dalam bentuk simulasi krisis dimana peserta dibagi per kelompok. Ada yang berperan sebagai klien, Agensi PR lokal dan Agensi PR regional. Sebagian lagi berperan sebagai para pencipta Hoax. Kasusnya adalah kejadian krisis PR pembobolan kartu kredit di jaringan hotel internasional di Amerika yang akhirnya meluas menjadi krisis PR global. Simulasi dibuat seperti nyata dengan komplain di media sosial dari nasabah-nasabah yang dijebol kartu kreditnya dan diperparah dengan munculnya informasi hoax.

Selain berbagi studi kasus yang ditampilkan dalam format video yang keren-keren, Summit ini juga memperkenalkan “The PR Trust” yang merupakan sebuah lembaga nonprofit yang didirikan oleh beberapa tokoh PR dunia pendiri PROI dan memiliki visi untuk mempersiapkan para pemimpin komunikasi masa depan di negara-negara berkembang. PR Trust menyediakan insight, jaringan dan akses informasi untuk misinya tersebut.

Programnya antara lain adalah “Student Mentorship Program” yang akan dilaunching tengah tahun ini, dengan memberikan mentorship dari para praktisi PR terkemuka dunia terhadap perkembangan personal dan profesional peserta program. Tak hanya itu, agar lebih bersemangat, PR Trust membuat program “30 Under 30”, yang akan memilih 30 orang PR professional dibawah usia 30 tahun yang akan diberikan award dan kesempatan untuk dikenal dunia sebagai ahli komunikasi professional dunia termuda.

PROI Worldwide sendiri merupakan sebuah kemitraan agensi PR terbesar dan terkemuka di dunia. Berdiri di Eropa sejak 1970, PROI kini beranggotakan 75 mitra agensi komunikasi independen lebih dari 110 kota di lebih dari 50 negara di dunia. Keanggotaan PROI adalah perusahaan bukan perorangan. Setiap negara masing-masing diwakili hanya satu Agensi PR terpilih.  Imogen PR merupakan satu-satunya Agensi PR Indonesia yang terpilih menjadi partner di jaringan agensi komunikasi sedunia ini.  Selain Imogen dari Indonesia, terdapat 7 Agensi PR lainnya yang baru bergabung, yaitu ICOR PR dari Melbourne, Australia, Cyclone dari Cameroon Afrika, Filtered Media dari Sydney, Australia, Priority PR dari Kuala Lumpur, Malaysia, Midas Communications dari Bangkok, Thailand, P4 Group dari Brisbane, Australia dan Mailander Communications dari Torino, Italia.

Sebelum summit berakhir, negara-negara peserta dari ASEAN yang secara georafis dan kultur berdekatan, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand dan Filipina berinisiatif untuk berkumpul merumuskan kerjasama multilateral antara Agensi PR di ASEAN. Era Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) yang membuka kesempatan lebih luas bagi kerjasama antara negara mendesak kami untuk membuat credential bersama, standar servis serta standar rate card agar kami bisa bersatu untuk mencari bisnis baru dari negara-negara lain di seluruh dunia. Bendera Indonesia kini sudah berkibar di peta konsultan PR sedunia. Saatnya PR Indonesia bergerak, mendunia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: